Monday, January 18, 2016

Penting! Memahami Usia Kandungan 5 Bulan

SING SEHAT - Memasuki usia kandungan 5 bulan yang dialami seorang perempuan, para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa mas-masa kehamilan tersebut merupakan masa kehamilan yang aman. Pasalnya pada masa tersebut seorang wanita telah berhasil melewati masa yang rentan kehamilan, yaitu trimester pertama masa kehamilan ( awal kehamilan hingga 3 bulan). Pada masa kehamilan ini seorang ibu sudah akan dapat merasakan beberapa aktifitas janin yang ada di dalam rahimnya yang biasanya akan terasa gerakan menendang dari janin tersebut.

Usia Kandungan 5 Bulan

PERKEMBANGAN JANIN
Pada usia kandungan 5 bulan janin di dalam rahim seorang ibu akan mengalami sebuah perkembangan dimana panca indera dari janin tersebut sudah mulai dapat difungsikan. Tingkat kepekaan terhadap kondisi lingkungan akan semakin berkembang. Oleh karenanya belaian lembut serta gerakan mengelus-ngelus perut dari tangan seorang ibu akan dapat dirasakan oleh janin yang ada di dalamnya. Bahkan kata-kata manis yang ditujukan untuk memanggil janinpun sudah akan dapat didengar oleh janin yang ada di dalam rahim seorang ibu. Mengetahi kondidi yang seprti itu maka seorang ibu dituntut untuk selalu memberikan stimulasi yang positif terhadap janin yang dikandungnya. Seberti membaca ayat-ayat kitab sudi, membacakan cerita-cerita tauladan, mengajaknya berbicara serta hingga mendengarkan sebuah musik terutama jenis-jenis musik klasik.

NUTRISI UNTUK JANIN
Memasuki usia kandungan 5 bulan seorang ibu biasanya sudah dapat mengetahui jenis kelamin dari janin serta mengetahui gerakan-gerakan yang dilakukan oleh janin di dalam rahim dengan melakukan ultrasound scan. Yang pasti dalam masa-masa ini janin akan lebih aktif dan sangat sensitif. Dengan kondisi perkembangan yang begitu signifikan maka seorang ibu dituntut harus bisa tetap menjaga kondisi tubuh yang sehat sekaligus memberikan asupan nutrisi yang optimal kepada janin. Hal tersebut ditujukan agar janin akan selalu tumbuh dalam perkembangan yang sehat. Oleh karenanya seorang ibu harus selalu memperhatikan menu makanan yang baik selama masa-masa kandungan ini. Berikut adalah menu makanan yang dianjurkan :

      1. OMEGA 3, berfungsi untuk mendukung perkembangan otak janin. Makanan yang memilki kadar Omega 3 tinggi adalah ikan salmon, telur, makarel dan sayuran hijau.
      2. VITAMIN A, berfungsi untuk perkembangan indera penglihatan, pertumbhan kulit janin serta membantu meningkatkan imunitas pada janin. Beberapa makanan yang memilki kadar vitamin A antara lain adalah wortel, buah naga, pepaya dan buah apel.
      3. KALSIUM  dan VITAMIN D, kalsium dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Selain itu kalsium juga akan membuat tulang dari seorang ibu hamil lebih sehat karena akan terhindar dari tulang keropos atau osteoporosis. Sedangkan vitamin D sendiri adalah sebuah vitamin yang akan memaksimalkan penyerapan zat lasium di dalam janin amupun tubuh seorang ibu hamil.Kalsium akan banyak terdapat pada sayuran hijau, yoghurt dan keju. Sedang makanan yang banyak mengandung vitamin D adalah susu, kuning telur, ikan salmon dan juga udang.
      4. ZAT BESI dan VITAMIN C, Zat besi sendiri akan membantu seorang ibu hamil agar tidak mengalami kekurangan darah, dan vitamin C akan sangant membantu penyerapan zat besi yang dilakukan oleh tubuh. Zat besi akan banyak terkandung pada jenis-jenis makanan seperti daging merah, kacang-kacangan dan hati ayam. Sedangkan makanan yang menjadi sumber vitamin C adalah buah jeruk, buah berry,kiwi dan pepaya.

Usia Kandungan 5 Bulan

OLAH RAGA YANG TEPAT
Untuk menjaga kondisi tubuh seorang ibu hamil serta kondisi janin memasuki usia kandungan 5 bulan seorang ibu hamil dianjurkan dapat melakukan sebuah olah raga ringan dengan gerakan-gerakan tertentu. Dapat dilakukan dirumah dengan alat-alat yang sederhana. Berikut adalah beberapa gerakan dalam melakukan olah raga tersebut :
   
        1. Duduk dengan posisi kaki bersila, diatas kasur atau matras. Kemudian letakkan kedua tangan di atas kedua lutut. Selanjutnya buat pikiran menjadi rileks dan mulailah dengan mengambil nafas dalam-dalam melalui hidung dan lepaskan nafas melalui mulut secara perlahan. Lakukan hal tersebut beberapa kali sebai latihan nafas.
        2. Gerakan yang selanjutnya adalah selonjorkan kedua kaki lurus ke depan. Dan ke dua tangan letakkan ke belakang sebagai tumpuan. Lalu angakt kaki kiri dan kanan ke atas secara perlahan dan bergantian, dan juga gerakkan ke samping kiri dan kanan secara bergantian pula.
        3. Gerakan yang ke tiga adalah, aturlah posisi tubuh seperti layaknya seorang yang merangkak. Yang perlu diperhatikan adalah posisi kepala, punggung dan pantat harus sejajar. Turunkan kepala hingga bisa melihat posisi perut sambil mengatur nafas.
        4. Selanjutnya adalah melakukan gerakan penutup. Yaitu berbaring dengan posisi tubuh miring ke salah satu sisi (kanan atau kiri sama saja). Untuk membuat lebih nyaman dan agar posisi tubuh lurus gunakan bantal untuk kepala dan di bagian perut. Gerakkan kedua kaki menekuk ke arah perut bersama-sama secara perlahan kemudian lepaskan. Lakukan gerakan tersebut beberapa kali sambil mengatur nafas.


Memasuki usia kandungan 5 bulan, biasanya adalah merupakan sebuah masa kehamilan yang sangat berkesan bagi para wanita yang tengah hamil. Terlebih kehamilan tersebut adalah kehamilan yang pertama. Mengapa demikian? Tentunnya terdapat alasan-alasan yang mendukung perasaan tersebut, diantaranya adalah :

1. Merasakan tendangan pertama
Pada masa-masa tersebut kondisi janin sudah mulai aktif melakukan gerakan. Salah satunya adalah menggerakkan kaki yang bisa diilustrasikan sebagai gerakan menendang di dalam rahim seorang ibu. Dan gerakan tersebut akan dapat dirasakan seorang ibu dengan jelas pada bagian perutnya.

2. Terlepas dari kondisi Morning Sickness
Sepreti yang kita ketahui, pada awal masa kehamilan seorang perempuan akan gampang sekali merasakan mual dan ingin muntah pada saat mencium bau sesuatu yang tidak disukainya. Nah setelah memasuki usia kehamilan 18 minggu maka kondisi morning sickness tersebut akan mulai hilang.

3.Dapat melihat bentuk dan gerakan janin
Memasuki usia kandungan 18 bulan maka seorang ibu hamil sudah bisa mengintip bentuk serta gerakan janinnya di dalam rahim, yaitu dengan melakukan Ultrasound scan. Siapa yang tidak akan bahagia dapat melihat bakal seorang anak yang kelak akan dilahirkannya? Pasti semua ibi akan bahagia. Apalagi dengan melakukan Ultrasound scan bentuk danposisi janin dapat diabadikan dalam sebuah foto yang dapat dijadikan sebuah kenang-kenangan, tentu akan menambah kebahagian tersendiri untuk seorang ibu yang tengah hamil.

Demikian yang dapat SING SEHAT sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

No comments:

Post a Comment