Saturday, December 5, 2015

10 Cara Alami Mengobati Sakit Pinggang | Penyebab dan Gejala Sakit Pinggang

10 Cara Alamai Mengobati Sakit Pinggang


SING SEHAT - Berbagi informasi kesehatan,10 Cara Alami Mengobati Sakit Pinggang.

Sakit pinggang mungkin hampir semua orang dewasa pernah mengalaminya,baik wanita maupun pria.Kebanyakan mereka bisa merasakan efek rasa sakit tersebut,tanpa mengetahui sebab musababnya.Beberapa  gejala yang biasanya dialami antara lain :
  • adanya rasa sakit pada tulang belakang saat membungkukkan badan
  • adanya rasa nyeri di bawah punggung ,pangkal paha dan bagian belakang paha
  • tulang belakang terasa kaku
  • rasa sakit disertai kesemutan pada punggung dan bokong
Sakit pinggang bisa terjadi biasanya disebabkan oleh beberapa hal,antara lain :

  • salah gerak pada saat kita mengangkat suatu benda
  • posisi tidur yang salah
  • pemakaian alas tidur yang sangat lentur,yang mengakibatkan tulang belakang tidak pada posisi normal
  • duduk yang terlalu lama
  • pemakaian sepatu dengan hak tinggi
  • kurangnya olah raga,dan masih banyak lagi sebab yang lainnya.

10 Cara Alami Mengobati Sakit Pinggang



Berikut adalah beberapa tips dari Sing Sehat dalam mengobati sakit pinggang  dengan menggunakan ramuan alami :


1.REBUSAN DAUN SIRSAK
Siapkan 20 lembar daun sirsak,dan cuci hingga bersih.Rebus daun tersebut dengan 5 gelas air bersih sampai mendidih.Rebus hingga air tesisa tinggal ±3 gelas.Angkat dan saring ke dalam gelas.Minum 1x sehari,dengan dosis 3/4 gelas setiap kali minum.

2.RAMUAN BAWANG PUTIH
Siapkan 150 gram bawah putih,120 gram jahe merah,bubuk cabai .Cuci bawang putih dan jahe merah sampai bersih.Rendam ke tiga bahan tersebut di dalam mangkuk dengan menggunakan alkohol 75% selama 2 minggu.Setelah dua minggu alkohol tersebut selanjutnya dapat dijadikan obat dengan cara di oleskan pada bagian yang terasa nyeri setiap menjelang tidur(setiap hari secara rutin).


3.SEDUHAN AKAR BUNGA PAGODA
Keringkan akar bunga pagoda secukupnya.Kemudian tumbuk akar tersebut hingga halus.Ambil satu sendok teh tumbukan akar daun pagoda,seduh dengan segelas air panas layaknya kita membuat minuman teh.Minum seduhan bunga pagoda tersebut dalam keadaan hangat.Lakukan cara tersebut di atas 2x sehari,pagi dan malam.


4.GODOKAN AKAR ALANG-ALANG
Siapkan satu ikat akar alang-alang,cuci sampai bersih.Rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih,dan sisakan air rebusan tinggal ± 1 gelas.Tiriskan air rebusan dan tuang ke dalam gelas.Minum air rebusan akar alang-alang 2x sehari.


5.GODOKAN DAUN KUMIS KUCING
Siapkan 5 tangkai daun kumis kucing,kemudian cuci sampai bersih.Rebus denga 3 gelas air bersih hingga mendidih,dan sisakan air rebusan ± 1 gelas.Tiriskan dan tuang airnya ke dalam gelas.Minum air tersebut,lakukan 2x sehari pagi dan malam hari.


6.BALSEM DAUN KECUBUNG
Siapkan 5 lembar daun kecubung dan kapur sirih.Tumbuk hingga halus kedua bahan tersebut hingga menjadi sebuah adonan.Sesudah itu oleskan pada bagian yang terasa nyeri,seperti kita mengoleskan balsem.


7.BALSEM DAUN ENCOK
Siapkan 5 gram daun encok dan 1 sendok kapur sirih.Tumbuk kedua bahan tersebut hingga lumat menyerupai sebuah adonan.Oleskan adonan tersebut pada bagian yang terasa nyeri pada pinggang.


8.MEMBALUT DENGAN DAUN BUNGA BAKUNG
Siapkan 2 atau 3 lembar daun bunga bakung.Panaskan di atas tungku api sampai sedikit layu.Olesi daun bunga bakung yang sudah layu tersebut dengan sedikit minyak kelapa.Tempelkan pada bagian pinggang yang terasa nyeri,dan biarkan daun bunga bakung tersebut menempel pada pinggang dalam waktu beberapa jam.


9.TUMBUKAN DAUN PINANG
Tumbuk 2 atau 3 lembar daun pinang sampai halus.Panaskan tumbukan daun pinang tersebut menggunakan sedikit minyak kelapa.Aduk hingga rata,setelah itu balurkan pada bagian pinggang yang terasa sakit.Lakukan setiap hari selama nyeri pada pinggang masih terasa.


10.RAMUAN TEMULAWAK
Siapkan 1 rimpang temulawak,sepotong kunyit sebesar ibu jari.satu genggam daun kumis kucing.Cuci bersih ketiga bahan tersebut kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih,dan sisakan airnya ±1 gelas.Dinginkan,kemudian saring airnya ke dalam sebuah gelas dan minum air tersebut,dengan dosis  sehari  1 gelas.


Begitulah tips dari Sing Sehat tentang 10 Cara Alami Mengobati Sakit Pinggang,semoga tips-tips tersebut bermanfaat bagi anda,khususnya untuk mengatasi rasa sakit yang terjadi pada pinggang anda.

Tetap kunjungi situs Sing Sehat untuk mendapatkan informasi kesehatan yang menarik lainnya.






No comments:

Post a Comment