Monday, December 7, 2015

Gejala Anemia Penyebab dan Langkah-Langkah Pencegahan | SING SEHAT

Gejala Anemia Penyebab dan Langkah-Langkah Pencegahan

SING SEHAT - Berbagi informasi kesehatan,Gejala Anemia Penyebab dan Cara Pencegahan.

Anemia atau yang disebut juga dengan penyakit kurang darah disebabkan oleh menurunnya kadar hemoglobin di dalam perputaran darah pada tubuh manusia.Hemoglobin adalah protein yang di dalamnya terdapat zat besi yang terdapat di dalam sel darah merah,yang mempunyai fungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru menuju ke suluruh tubuh.

Pada kondisi kadar hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah merah di bawah kondisi normal,maka pada kondisi itulah seseorang sangat besar peluangnya terkena anemia.Hingga badan akan terasa letih,lesu pusing,lemah dan bahkan bisa mengakibatkan seseorang menjadi pingsan.Seorang laki-laki dewasa dengan kondisi normal maka kadar hemoglobinnya adalah 14 s/d 18gram/100ml darah,sedangkan pada wanit dewasa adalah 14 s/d 16 gram/100 ml darah.

Dalam ilmu kesehatan ada 2 jenis anemia yang sering dialami oleh manusia.Yaitu :

  • anemia defislensi,anemia jenis ini disebabkan kurangnya zat besi di dalam tubuh manusia.Selain itu bisa juga disebabkan oleh banyaknya kehilangan darah karena luka,karena menstruasi atau karena proses persalinan.
  • anemia megaloblastik,anemia jenis ini disebabkan tubuh manusia kekurangan vitamin B12 dan asupan asam folat.
Berikut adalah ciri-ciri apabila seseorang terserang anemia :
  • sering merasakan sakit kepala,hal ini disebabkan kurangnya pasokan oksigen yang menuju organ-organ di kepala sebagai akibat kurangnya alat pemasok oksigen yaitu hemoglobin .
  • seringkali merasa kelelahan,kurangnya hemoglobin akan menyebabkan minimnya energi yang dihasilkan oleh tubuh sebagai akibat sedikitnya kadar hemoglobin dalam darah.
  • warna pucat di bagian bawah kelopak mata,ini merupakan salah satu ciri yang mungkin dapat kita kenali dengan mudah bahwa seseorang terkena kurang darah.
  • sering mengalami sesak nafas,seperti dijelaskan di atas kadar hemoglobin yang menurun akan menyebabkan pasokan oksigen di dalam tubuh akan berkurang.Sehingga pasokan oksigen pada alat pernapasanpun ikut berkurang dan akibatnya akan terjadi sesak napas pada penderita kurang darah.
  • mengalami rambut rontok yang diluar kewajaran,diakibatkan kurangnya pasokan oksigen pada kulit kepala.
  • akan merasakan mual pada saat bangun tidur.
  • gampang terserang penyakit,pasokan oksigen yang berkurang dalam darah akan mengakibatkan seseorang kekebalan tubuhnya menurun.
  • wajah yang layu dan tampak kekuningan.
Gejala Anemia Penyebab dan Langkah-Langkah Pencegahan

Untuk mencegah tubuh dari serangan anemia,sesungguhnya dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menstabilkan kadar hemoglobin di dalam darah,antara lain :

  • mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi,seperti ikan,telur,jeruk,jagung,daging sapi
  • menkonsumsi makanan yang mempunyai kadar asam folat cukup tinggi,seperti bayam,brokoli.alpukat,kacang-kacangan,kecambah
  • banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi,yaitu jeruk,pepaya,kiwi,cabe rawit,buah berri,paprika.
  • memperbanyak asupan makanan yang banyak mengandung vitamin B12,seperti ikan tuna,sarden,kepiting,kerang,ikan salmon,keju,daging sapi
Kesimpulannya,mencegah anemia dapat kita lakukan dengan menjaga pola makan kita dengan memenuhi kebutuhan tubuh kita akan zat besi,asam folat,vitamin C dan vitamin B12.

Demikian artikel singkat tentang Gejala Anemia Penyebab dan Langkah-Langkah Pencegahan,semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs Sing Sehat agar informasi kesehatan yang menarik lainnya akan selalu anda dapatkan.

No comments:

Post a Comment